Senin, 01 Agustus 2016

Relative Clause

Relative Clause adalah bagian dari kalimat (anak kalimat) yang berfungsi untuk menghubungkan (me-relate) benda atau orang tersebut dengan frasa di belakangnya. Relative Clause diawali dengan kata penghubung who, whom, whose, which, that.
Relative clause merupakan klausa dependen yang berfungsi menerangkan kata benda sehingga didapat informasi yang jelas mengenai benda tersebut. Untuk menghubungkan antar klausa digunakan kata penghubung seperti, that, which, who, whom, dan whose.

Berikut adalah contoh kalimat relative clause.

The woman who wears the red dress is my aunt
This is the bicycle that my father bought me yesterday
The man whom we met is my father’s friend
The family whose house is in front of the our house is our relatives
These are the cookies which my mothe gives us.
Penggunaan Relative Clause (That, Which, Whi, Whom, dan Whose)
  1. Who : Digunakan untuk orang yang berfungsi sebagai subjek.
The man who is running is my brother  ; Orang yang sedang berlari adalah saudara  saya
Dalam kalimat ini sesungguhnya ada dua kalimat yaitu:
The man is my brother
He is running
Do you know the people who live next door?
Kamu tahu orang yang tinggal di sebelah?
  1. Whom : Digunakan untuk orang yang berfungsi sebagai objek
The students whom I met yesterday are coming to my house
Murid yang saya temui kemarin akan dating ke rumah saya
I never thought before that I would marry a woman whom I didn’t love
Saya tidak pernah menyangka saya akan menikah dengan perempuan yang tidak  saya cinta
  1. Which : Digunakan untuk benda
This is the book which I always read ; Ini buku yang selalu saya baca
Kalimat ini juga terdiri dari dua kalimat
This is the book
I always read it
There is a program on TV tonignt which you might like
Nanti malam ada acara di TV yang mungkin kamu suka
  1. That : Digunakan untuk orang dan benda
The policeman that I talked to will retire next year ; Polisi yang bebicara dengan saya akan pensiun tahun depan
This is the house that I will live in when I am old
Inilah rumah yang akan saya tinggali kalau saya sudah tua nanti
  1. Whose : Digunakan untuk menunjukkan kepunyaan
The manager whose secretary is beautiful is married ; Manajer yang sekertarisnya  cantik sudah          menikah
I saw a girl whose hair came down to her waist
Saya melihat seorang gadis yang rambutnya panjang sampai pinggang

Jadi,
Who       : Menerangkan orang sebagai subject
Whom : Menerangkan kan orang sebagai object (menggantikan me, you, us, him, her, them, it)
Whose : Menerangkan orang sebagai pemilik (menggantikan my, your, our, his, her, their, its)
Which  : Menerangkan benda sebagai subject maupun object
That     : Menerangkan orang atau benda baik sebagai subject maupun object

Sumber :

http://febrianieflin.blogspot.co.id/2015/06/tugas-4-connectors-relative-clause.html

http://www.e-sbmptn.com/2014/11/pengertian-relative-clause-dan-contohnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Pages - Menu

Blogger news

Blogger templates

Blogroll

Followers