Senin, 04 November 2013

Tulisan 2 Pidato (Soft Skill)



TUGAS SOFTSKILL
MEMBUAT TULISAN BEBAS
Pidato

Nama : Reza Dwi Ardianto
NPM   : 27213493
Kelas  : 1-EB-06
Fakultas: Ekonomi
Jurusan : Akuntansi

Hallo, selamat pagi semua. Yang terhormat Dosen Pengantar Bisnis , dan juga teman-teman yang saya banggakan dan saya sayangi. Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih karean telah memberi kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato tentang “Pelestarian Kebudayaan Tradisional di Indonesia”. Mari kita tetap bersyukur kepada Allah SWT.
Bicara soal budaya, negara kita Indonesia punya begitu banyak budaya. Dari Sabang sampai Merauke terdapat budaya tradisional yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Budaya tradisional bisa berbentuk seni tari, seni musik, seni rupa, dan sebagainya. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Setiap kota pasti punya budaya masing-masing yang beranekaragam. Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, mungkin hanya Indonesia yang memiliki begitu banyak keanekaragaman budaya tradisional. Bahkan budaya tradisional Indonesia, banyak disukai oleh masyarakat luar negeri. Mereka menyukai budaya tradisional Indonesia mungkin karena ada bebrapa komunitas anak bangsa yang melakukan pameran budaya tradisional Indonesia di luar negeri ataupun masyarakat luar negeri yang belajar budaya tradisional Indonesia dan kemudian membawa budaya tradisional Indonesia itu ke negara asalnya.
Namun belakangan ini, budaya tradisional Indonesia sering diklaim milik negara lain, lantaran budaya tradisional Indonesia belum dipatenkan sebagai budaya milik Indonesia. Masyarakat Indonesia sekarang terkadang malu untuk menerima budaya tradisional Indonesia. Mereka lebih menyukai budaya yang datang dari luar, alasannya karena budaya tradisional Indonesia itu norak, kampungan , dan sebagainya. Hal ini sangat memprihatinkan sehingga budaya tradisional Indonesia lama-lama terlupakan dan menghilang begitu saja. Lalu saat budaya tradisional Indonesia diklaim oleh negara lain, barulah masyarakat Indonesia protes. Dapat dikatakan bahwa kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya tradisional sudah hilang.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjaga dan mencintai budaya tradisional. Untuk itu, kita sebagai generasi muda penerus bangsa, marilah kita jaga budaya tradisional Indonesia, seperti negara-negara yang sudah menjadi negara maju dan modern, tetapi tetap menjaga kelestarian budaya tradisionalnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan rasa cinta terhadap budaya tradisional Indonesia. Kedua, mendirikan komunitas-komunitas yang berisi budaya tradisional. Terakhir dan yang penting adalah jangan malu terhadap budaya tradisional sendiri.
Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga budaya tradisional Indonesia tetap lestari hingga akhir zaman. Terima kasih sudah mendengarkan. Selamat pagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Pages - Menu

Blogger news

Blogger templates

Blogroll

Followers